Kegagalan Persepsi Dari Sebuah Iklan

KEGAGALAN PERSEPSI DARI SEBUAH IKLAN


    Persepsi adalah proses di mana seorang individu memilih (seleksi), merumuskan (organisir), dan menafsirkan (interpretasi) masukan (inputs) informasi untuk menciptakan suatu gambaran yang berarti (makna) mengenai dunia. Ada kalanya kita sering kali mengalami kegagalan persepsi. Kegagalan persepsi sendiri disebabkan asumsi dan pengharapan kita. Bentuk kegagalan persepsi teridi atas : kesalahan astribusi, efek halo, stereotipe, prasangka dan gegar budaya. Kali ini saya akan membahas sebuah iklan yang terjadi kegagalan persepsi. Iklan yang saya akan bahas adalah iklan Djarum 76 yang bertema takut pacar. Iklan ini menceritakan tentang seorang pria yang ingin menjemput seorang wanita, tetapi wanita ini sangat galak dan prianya pun takut kepadanya. Saat si wanita melempar sandal yang tidak sengaja terkena teko lampu. Kemudian muncul lah sesosok jin pria dan wanita dari teko lampu tersebut, dan mmberikan satu permintaan kepada pria malang itu. Pria tersebut menyebutkan hal yang ia inginkan tetapi jin tidak bisa mengabulkan permintaan pria tersebut karena permintaannya adalah supaya wanita dari kekasih pria itu menjadi baik dan tidak galak. Jin pria pun takut kepada jin wanita yang membuatnya tidak bisa mengabulkan permintaan dari si pria.

    Dari iklan tersebut mengandung kegagalan persepsi yang pertama yaitu kesalahan atribusi yang dimana seorang pria yang keren dan membawa motor besar takut terhadap pacarnya. Hal ini tidak sebanding dengan penampilnnya. Kegagalan persepsi kedua adalah efek halo yang dimana si pria mengira jin pria tidak takut dengan jin wanita tetapi perkiraan itu salah karena jin pria juga takut dengan jin wanita. Kegagalan persepsi ketiga adalah gegar budaya yaitu jin menggunakan pakaian adat jawa dan ada beberapa adegan menggunakan bahasa jawa.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BADAI PASTI BERLALU,PERAHU DAN MATAHARI AFFANDI KOESOEMA 1971

SEKAR FARM

INTENGIBLE DAN PERSEPSI WARNA